Harga Komponen Sepeda Listrik

Harga Komponen Sepeda Listrik

Sepeda listrik sudah menjadi trend di kalangan masyarakat saat ini. Sepeda listrik memang masih tergolong barang mewah, namun dengan semakin banyaknya pabrik-pabrik pembuat sepeda listrik, harga sepeda listrik pun menjadi semakin terjangkau. Apa itu sepeda listrik? Sepeda listrik adalah sepeda yang dioperasikan dengan menggunakan tenaga baterai atau listrik. Sepeda ini sudah ada sejak tahun 1895, di mana saat itu para ilmuwan menemukan bahwa dengan menggunakan motor listrik pada sepeda, sepeda bisa berjalan lebih jauh daripada hanya dengan memakai tenaga otot manusia saja. Saat ini, sepeda listrik digunakan sebagai alternatif transportasi sehari-hari karena lebih ramah lingkungan dan menghemat biaya transportasi.

Daftar Harga Sepeda Listrik Lengkap Terbaru 2020

Berikut adalah daftar harga sepeda listrik yang sesuai dengan budget Anda:

hargasepedalistrik

  • MTB Sepeda Listrik Folding – Rp. 2.500.000
  • E-Bike Men’s Bike Basket Sepeda Listrik – Rp. 2.350.000
  • Harley Electric Scooter – Rp. 14.500.000
  • Battery Rechargeable Bike – Rp. 3.800.000

7 Komponen Sepeda Listrik yang Penting untuk Diketahui

Gemar bersepeda listrik? Yuk, kenali komponen penting pada sepeda listrik agar tahu cara merawat dan memilih sepeda listrik yang baik. Berikut adalah 7 komponen penting pada sepeda listrik:

komponensepedalistrik

  1. Baterai
  2. Baterai merupakan komponen utama pada sepeda listrik karena energi listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan sepeda berasal dari baterai. Ada berbagai jenis baterai yang umum digunakan pada sepeda listrik, seperti baterai I-ON, Lithium-Ion, dan lain-lain. Pastikan baterai yang digunakan sesuai dengan kemampuan sepeda listrik.

  3. Mesin atau Motor
  4. Motor pada sepeda listrik berfungsi untuk menggerakkan ban dan memberikan daya yang dibutuhkan saat sepeda sedang dinaiki. Motor yang baik dapat mendukung sepeda listrik untuk melaju hingga kecepatan tertinggi.

  5. Kontroler atau Ranjau Elektrik
  6. Kontroler memiliki fungsi untuk mengontrol daya yang dikeluarkan oleh baterai dan membantu memperpanjang kehidupan baterai. Kontroler juga membantu dalam mengontrol kecepatan sepeda listrik.

  7. Sensor Pedal
  8. Sensor pedal adalah alat yang mendeteksi gerakan pada pedal sepeda listrik dan memberikan sinyal ke kontroler untuk mengeluarkan daya listrik yang dibutuhkan. Sensor pedal membantu dalam menghemat konsumsi daya baterai.

  9. Rem
  10. Rem pada sepeda listrik sangat penting karena daya gerak yang dihasilkan oleh motor pada sepeda listrik tentu akan sangat besar. Rem pada sepeda listrik bisa berupa rem cakram atau rem tromol.

  11. Roda dan Ban
  12. Ukuran dan kualitas roda dan ban pada sepeda listrik juga sangat penting. Pilih ban dengan ukuran yang sesuai dengan sepeda dan sesuai dengan kondisi medan yang ada di sekitar tempat tinggal.

  13. Suspensi
  14. Suspensi pada sepeda listrik berfungsi untuk mengurangi getaran ketika sepeda melaju di jalanan yang bergelombang. Suspensi yang baik dapat membuat perjalanan dengan sepeda listrik menjadi lebih nyaman dan aman.

See also  Harga Sepeda Listrik Second

Jenis-jenis Sepeda Listrik yang Banyak Dipakai di Indonesia

Ada beberapa jenis sepeda listrik yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Berikut adalah jenis-jenis sepeda listrik yang populer di Indonesia:

  • E-Folding Bike
  • Sepeda ini cocok digunakan di perkotaan karena mudah dibawa-bawa dan kamu tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir. Sepeda ini juga dapat dilipat dan dimasukkan ke dalam koper.

  • E-MTB (Mountain Bike)
  • Sepeda listrik jenis ini cocok digunakan untuk Off-Road atau trekking karena memiliki suspensi yang kuat dan ban yang besar serta grip yang baik pada medan berat. Harganya cukup mahal, berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 50 juta.

  • E-Scooter
  • Sepeda listrik jenis ini merupakan sepeda dengan tidak menggunakan tangan untuk bergerak. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin berkeliling keliling kota.

Cara Kerja Sepeda Listrik

Sepeda listrik bekerja dengan menggunakan daya listrik yang disimpan pada baterai. Ketika baterai dinyalakan, daya listrik yang tersimpan di dalamnya mengalir kedalam motor sehingga ban sepeda bisa bergerak. Motor ini mengocehkan gigi, memutar poros, dan merubah arah pada ban sehingga bisa bergerak maju atau mundur. Jumlah daya yang digunakan untuk menggerakkan ban akan berbeda-beda tergantung dari kecepatan yang diinginkan.

Keuntungan Menggunakan Sepeda Listrik

Menggunakan sepeda listrik memiliki banyak keuntungan, di antaranya:

  • Lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil
  • Menghemat biaya transportasi, karena biaya pengisian baterai lebih murah dibanding dengan pengisian bahan bakar motor
  • Tidak perlu perawatan rutin seperti pada motor dengan mesin konvensional
  • Memiliki kecepatan yang lumayan, bisa mencapai 25 km/jam
  • Lebih mudah untuk mencari tempat parkir karena ukurannya yang lebih kecil dibanding dengan kendaraan bermotor
  • Sebagai alat olahraga alternatif yang menyehatkan
See also  Jual Sepeda Listrik Di Medan

Fitur-fitur pada Sepeda Listrik

Selain komponen penggerak, sepeda listrik juga memiliki beberapa fitur yang mempermudah dalam mengendarainya, di antaranya:

  • USB port untuk mengisi daya gadget saat berkendara
  • Lampu LED untuk penerangan
  • Klakson dan rem yang lengkap dan aman
  • Sensor yang bisa mengatur kecepatan saat pedal diinjak terlalu keras atau terlalu lemah
  • Tanda persneling saat penggunaan pedal untuk memudahkan pengguna dalam mengukur kecepatan yang diinginkan

Review Sepeda Listrik

Setelah membaca uraian di atas, kini saatnya membaca review dari para pengguna sepeda listrik:

Jonathan Santosa, pengguna sepeda listrik MTB menulis, “Saya senang dengan sepeda listrik ini. Harganya terjangkau dan performanya sangat baik saat di test sebelum saya membelinya. Baterai memang tidak tahan lama jika digunakan terus menerus, namun saya cukup puas dengan kecepatan dan kenyamanan yang diberikannya. ”

Sarah Dewi Tjandra, pengguna sepeda listrik E-Scooter menulis, “Saya sangat suka menggunakan sepeda listrik ini. Sepeda listrik ini sangat praktis, tidak butuh tempat parkir besar, dan cukup ringan. Namun, harganya masih sulit terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah, sehingga masih tergolong barang mewah di Indonesia.”

Itulah beberapa ulasan mengenai sepeda listrik. Tentu saja, keputusan untuk membeli sepeda listrik menjadi hal yang sangat pribadi. Pastikan sepeda listrik yang Anda beli memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan budget yang ada. Selamat mencari sepeda listrik idaman Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *